Langkah Safari Prigen Mengupayakan Kesejahteraan Satwa

 on Jumat, 19 Februari 2016  

Aneh, siang itu cuaca di Semarang terasa bersahabat ditengah periode hujan yg sedang melanda. Seakan mengucapkan “selamat datang!” terhadap mahasiswa perantau yg hri itu mulai sejak berdatangan. Termasuk Juga aku & ke-2 rekan seperantauan aku yg hri ini sengaja mengosongkan jadwal utk hadir di program Coverage Safari Prigen. Lima belas menit sebelum program dimulai, kami siap bersama kemeja flannel, jeans kekinian, & sepatu hitam-putih konvensional masing-masing. Kami sadar mesti tampil menarik, mengingat kami dapat bertolak ke salah satu lokasi hits Semarang di mana program ini diselenggarakan. Sungguh, itu amat mutlak.. Kami harap kamu sepakat.

Merasa bakal terlambat, kami menarik gas lebih dalam sambil mengharapkan mampu datang cocok disaat biar tak ketinggalan tidak sedikit info... & makan siang, pastinya. (maklum anak rantau, kos pun). Beruntung, diwaktu kami datang program baru saja dimulai. Sesudah isi list peserta, kami duduk sambil mendengarkan penjelasan awal tentang profil Safari Prigen.

Safari Prigen berdiri dengan cara resmi kepada thn 1997. Taman Konservasi yg berada dibawah kepemilikan Safari Indonesia ini didirikan di wilayah kaki gunung Arjuna yg termasuk juga ke dalam kecamatan Prigen, Kab Pasuruan jatim. Dulu apa perbedaan sekaligus keunggulan Safari Prigen dgn ke-2 taman yg pun dikelola oleh Taman Safari Indonesia? Menurut penjelasan di program tempo hari, Safari Prigen berdiri terhadap kawasan seluas 350 hektar & mempunyai lebih dari 3000 satwa dari 200 spesies yg selain berasal dari dalam negara, tapi pun berasal dari beragam wilayah didunia. diluar itu, seandainya dengan cara sekilas kita menonton gambar sekian banyak sarana yg berada di Prigen, mereka mengemas tiap-tiap rincian ruang dgn apik & menarik.

Tapi aku tidak ingin membahas lebih lanjut soal sarana yg ada di Safari Prigen, dikarenakan itu diluar kapasitas aku sbg ‘penanggap’, bisa jadi haha : D

Para Kompasianer asyik menyimak spesifikasi dari Taman Safari Prigen. Sumber : Pribadi

Conservation, Education, and Fun

Konservasi, edukasi, & rekreasi adalah inti dari seluruhnya penjelasan yg dijelaskan sewaktu program tempo hari. Safari Prigen mau mengatakan bahwa ke-3 perihal tersebut yakni misi & fungsi mutlak dari berdirinya Instansi ini. Terang Safari Prigen mempunyai & telah menjalankan bermacam macam aktivitas buat beri dukungan masing-masing misi & fungsi tersebut.

Conservation

Tidak Sedikit upaya yg telah dilakukan oleh Safari Prigen buat melindungi, memelihara, sekaligus melestarikan bermacam type atau spesies satwa yg sudah ada. Kegiatan-kegiatan yg sudah dilakukan antara lain yakni dgn mengawasi & melancarkan proses kelahiran African Leopard, jerapah, bison, & gajah sumatera. selain itu, safari Prigen serta berpartisipasi dalam perkembangan di bagian pertanian dgn mengembangkan technologi ramah lingkungan dari kotoran satwa. (http : //www.safariprigen.com/conservation-home)

Education

Edukasi adalah salah satu misi atau fungsi mutlak dari Safari Prigen, yg sekaligus turunan dari acara CSR (Corporate Social Responsibility). Tujuannya merupakan utk berikan edukasi atau pembelajaran terkait bersama satwa terhadap warga, terutama anak-anak. Salah satu kegiatannya merupakan pendidikan konservasi & pelestarian alam utk pelajar kelas 6 Sekolah Basic / sederajat di 3 Kecamatan adalah Prigen, Purwosari, & Sukorejo Jawa Timur, yg diikuti oleh 500 peserta didik dari 20 sekolah basic. (http : //www.safariprigen.com/csr/education-care-taman-safari-prigen)

Fun

Terkecuali juga sebagai dinas konservasi & edukasi, Safari Prigen pun mengemas taman ini jadi ruangan yg serasi utk dijadikan list ruangan rekreasi dikala liburan dengan keluarga atau kerabat-kerabat kamu. Tidak Sedikit media & wahana permainan yg disediakan utk isi liburan kamu disana. Selanjutnya seandainya kamu tak pernah menikmati seluruhnya rekreasi yg terdapat di taman ini dalam disaat satu hri, pihak Safari Prigen menawari solusi bersama hadirnya Baobab Safari Resort. Hotel bersama beraneka ragam alat & view yg alami sekaligus menarik.

Animal Welfare

“Semua satwa mendapati perlakuan yg teramat baik di sini & kami teramat memperhatikan faktor Animal Welfare di sini,” penjelasan Dr. Ticta salah satu tim dokter hewan Taman Safari Prigen jatim dalam salah satu artikelnya yg berjudul "Koleksi African Leopard Taman Safari Prigen Makin Bertambah". (http : //www.safariprigen.com/conservation/koleksi-african-leopard-taman-safari-prigen-semakin-bertambah).

Berkata soal Animal Welfare, sebenarnya isu ini yakni isu yg teramat kompleks. Di Mana tidak sedikit pengertian dari sekian banyak opini, pula tidak sedikit hal utk memaparkan apa itu animal welfare. Coba menyimpulkan opini Fraser dalam tulisannya yg berjudul Science, Values and Animal Welfare : Exploring the ‘Inextricable Connection’, dijelaskan bahwa terdapat tiga ide utk menilai kesejahteraan hewan atau satwa. Gagasan yg perdana memaparkan bahwa buat menilai kesejahteraan hewan, bisa diliat dari usia yg panjang & kadar hormon yg berhubungan bersama stres. Nyaris sama dgn ide yg mula-mula, kepada ide yg ke-2 ini masalah usia & kadar stres sanggup dipengaruhi oleh macam mana satwa tersebut diperlakukan. Nah.. terhadap rencana yg ke-3 dijelaskan bahwa tingkat kesejahteraan yg tinggi menyiratkan kebebasan dari penderitaan.(Fraser, 1995).

Factor ini jadi menarik buat dibahas. Silakan kita cobalah menonton adanya Instansi konservasi, edukasi, rekreasi ini dari sudut lain. Di Mana timbul pertanyaan apakah satwa-satwa yg ada di dalam taman ini telah tercapai kesejahteraannya? Jikalau berpatokan kepada pernyataan dari Fraser. Apakah pihak Safari telah memerlakukan satwa bersama baik & benar? Yg setelah itu bakal berpengaruh terhadap kadar stres & usia hewan itu sendiri. Menonton presentasi, sekian banyak video & gambar yg dipamerkan oleh pihak Safari Prigen, tampak keeper & tim dokter telah memperlakukan hewan bersama baik. Tapi apakah telah benar? Apakah mengobati satwa yg sedang sakit dgn kiat dibius apalagi dulu yakni trik yg paling sesuai?

Tidak Cuma konservasi, dengan cara apa bersama maksud rekreasi yg ditawarkan? Apakah dgn hadirnya visitor yg dapat berinteraksi serentak dgn para satwa tak menyebabkan gejala stres? Stres yg dialami oleh para satwa bakal mucul kala perilakunya terganggu. (Sumber : Wiepkema, P R; Koolhas, J M, 1993).

Hal-hal inilah yg mesti diperhatikan oleh pihak Safari Prigen dengan bersama Taman Safari Indonesia. Bagaimanakah pihak Safari memang mesti memperhatikan kesejahteraan satwa yg ada. Bukan cuma memperhatikan, tapi pun mengutamakan kesejahteraan satwa. Tidak Hanya itu, perkuat lagi kerja sama bersama lembaga-lembaga baik regional ataupun internasional. Seperti apa yg telah dilakukan, bersamasama bersama SEAZA (South East Asian Zoos Association). Rubah pandangan penduduk yg berpandangan negatif kepada kedatangan kelembagaan konservasi, edukasi, & rekreasi ini bersama mengutamakan kesejahteraan satwa.

Tidak Cuma pihak Safari Prigen yg memperhatikan hal itu, kita juga sebagai visitor serta mesti berpatisipasi. Silahkan kita rubah pandangan umum penduduk yg punya anggapan Taman Safari lebih sbg ruang pariwisata. hal itu bisa ditanamkan orangtua terhadap buah hatinya sejak dini. "Ayo dek, kita mencari ilmu sambil senang-senang di Safari Prigen bareng umi & kakak!" Kalimat ajakan tersebut terasa lebih cocok di bandingkan dgn... "ayo dek, kita liburan di Taman Safari Prigen!"

Eittss.. Jangan Sampai lupa! bila kamu liburan dgn keluarga lebih-lebih dengan anak kamu, hargailah satwa yg kamu jumpai pula lingkungan ruang mereka hidup. Lantaran kalau kamu menghargai mereka & lingkungan hidup mereka, kamu sedang mensejahterakan mereka. Percayalah..

Macam Mana? Tertarik mencari ilmu sambil bersenang-senang di Taman safari Prigen?
Langkah Safari Prigen Mengupayakan Kesejahteraan Satwa 4.5 5 Kisah Nusantara Jumat, 19 Februari 2016 Aneh, siang itu cuaca di Semarang terasa bersahabat ditengah periode hujan yg sedang melanda. Seakan mengucapkan “selamat datang!” terhadap ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.